Home » , » Sukses Kenalkan Anak Pola Hidup Bersih

Sukses Kenalkan Anak Pola Hidup Bersih

Written By Admin on Sunday, April 8, 2012 | 2:17 PM



MENGAJARKAN hidup bersih pada anak memang bukanlah hal mudah. Namun dengan mengenalkannya sejak dini, perilaku tersebut akan menjadi kebiasannya.

Sebagai orangtua, Anda tentu mengalami kesulitan ketika mengajarkan pola hidup bersih kepada anak. Namun mulai sekarang, Anda perlu tegas mengajak anak untuk hidup bersih. Tidak perlu mengajarkan hal yang terlalu rumit, Anda cukup menerapkan beberapa langkah sederhana agar anak hidup bersih dan terhidar dari penyakit, seperti dilansir Boldsky.

Cuci tangan

Anak yang masih berusia dua sampai tiga tahun belum mengerti bila diperintah mencuci tangan. Karena itu, sebagai orangtua perlu membimbing anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Anda perlu memberikan contoh terlebih dulu, memberi contoh kepadanya setelah itu, Anda ajak anak mencuci tangan.

Mengganti pakaian

Anda perlu mengajarkan anak mengganti pakaian setelah bermain. Langkah ini sebagai salah satu usaha menjaga kebersihan.

Membersihkan sisa kotoran seusai buang air besar atau kecil

Anda perlu mengajarkan anak untuk membersihkan kotoran buang air besar atau kecil yang tersisa di toilet. Selain itu, Anda juga perlu mengajarkan anak membersihkan diri sendiri dari sisa kotoran buang air besar atau kecil.

Menyikat gigi

Hal lain yang perlu diajarkan kepada anak adalah menyikat gigi secara teratur.

Mandi dan keramas

Anak perlu tahu bahwa mandi dan keramas merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan tubuh. Sementara itu, Anda juga perlu mengajarkan anak untuk hemat air saat mandi dan keramas.

Sumber
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Zapataya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger